Sunday, May 20, 2012

Model baru ber-catatan kunci



Pengalaman Maret 2012

Nama kota-nya Pocatello, di negara bagian penghasil kentang Idaho. Saya belum pernah ke negara bagian ini. Cuma ada 1 pesawat masuk dan keluar Pocatello, hanya dari dan ke Salt Lake City di Utah saja. Waktu saya dapat undangan untuk bicara di sana, saya langsung google cari tahu di mana sih tempat ini dan kemudian menerima undangan tersebut. Saya senang sekali bisa jadi bagian dari acara konferensi di sana, karena acara-nya sangat mengesankan. Tidak seperti acara2 akademis biasa, di acara ini saya banyak berdiskusi dan berkenalan dengan mahasiswa2 (yang rentang usianya sangat lebar), alumni, dan juga masyarakat sekitar. Banyak sekali oma-opa yang juga datang ke acara. Mereka sangat aktif bertanya, berpendapat, berdiskusi, dan banyak sekali cerita menarik yang mereka bagikan. Saya menikmati acara ini. Salah satu konferensi yang paling berkesan sepanjang karir saya.

Salah satu tugas saya di konferensi ini adalah memberikan pidato catatan kunci di hari ke-2 konferensi. Ya walaupun sering bermasalah soal perkuncian, kalau catatan kunci saya ngga masalah deh :) Slideshow dan catatan pidato sudah siap sejak beberapa hari lalu. Jadi hari itu saya cuma harus siap mental dan kelihatan ngga malu2in. Pagi itu saya mengenakan baju warna hejo ngagedod (hijau) ala kurti India yang dihiasi bordiran warna emas dan dipadukan dengan kain bordir warna maroon. Untuk selendangnya saya pilih selendang batik Indonesia. Selama ini saya sering memadu2kan pakaian gaya Indonesia, biasanya batik, dengan gaya2 lain seperti India, Jepang, dll. Baju hijau-maroon ini sangat nyaman dipakai dan cocok dipadukan dengan stocking hitam dan sepatu boot yang cukup menghangatkan. Maklum Maret di Pocatello masih dingin. Salju turun semalaman, pagi itu kota kecil ini berwarna putih tertutup lapisan salju. Dinginnya jelas2 minus. 

Si catatan kunci dijadwalkan di sore hari, sekitar jam 2-an, sesudah makan siang. Pagi itu saya ikuti sesi-sesi dan bersantai-santai mendengarkan panel2 berbagai tema. Di antara sesi saya sempat ambil rehat kamar mandi. Ketika saya melihat bayangan saya sendiri di cermin besar di kamar mandi, saya sempat mengeryitkan kening, "Hmmm… why does the bottom part look too greenish?" Kain bordir hijau di bagian dasa baju saya tampaknya lebih besar daripada yang saya pernah lihat sebelumnya. Tapi kemudian saya bilang pada diri sendiri, "Ah, ada-ada aja nih... " Saya kembali ke ruang konferensi dan meneruskan acara.

Sebelum saya memberikan pidato, saya memiliki 15 menit rehat yang saya gunakan untuk mempersiapkan slideshow dan merapikan diri di kamar mandi. Kali ini, saya melihat diri saya lagi di cermin dan pertanyaan yang sama mengganggu saya. "Ada apa ya dengan bagian bawah si hijau ini?" Kemudian saya mengecek bagian2 lain dan ketika saya lihat pundak kanan.... kelihatanlah obrasan baju. "Ya ampun....!!!" Ya, ternyata emang baju ini kebalik... dari pagi! Ngga ada yang kasih tahu atau memperingatkan tuh.... mungkin orang2 Pocatello pikir kebalik ala bordiran dan obrasan di luar ini adalah model baru :)


lady day, tempe, mei 2012

9 comments:

warm said...

ya ampub, kebalik lagi *eh

ah iya, saya minta ijin ngopi semua postingan diblog ini utk dipaste di word utk kemudian buat saya baca-baca, katanya temen saya ruthwijaya.com isinya keren, ternyata iya

jd aja 273 halaman word, kemarin saya baca-baca sambil tersenyum2 lebar.. *lalu terpikir knp ga dijadikan buku saja*

rupanya saya kualat, beberapa jam kemudian, giliran saya lupa naro kacamata, lalu hilanglah dia :|

*malah cerita panjang, maaf*
sebelumnya terimakasih, kalau dijinkan kopas, walaupun sudah terjadi :)
:D

tobytall said...

Wahahahaha I did it! Minggu lalu pijet. Terus rapat. Pas sampe rumah ternyata bajunya kebalik sejak selesai pijet :D inside out. hihi

Neng Anggie said...

...Definitely normal (for someone abnormal It's just so...Lady(day-euh)-like XD

mer said...

warm: selamat datang di blog-ku.. ngga boleh ah kopi pastel.... enaknya kopi tubruk... boleh2 deng... selamat baca, mudah2an ngga jadi gila dan pikun. saya berdukacita atas kuwalatnya dirimu dan hilangnya si kacamata hihihi.... maaf maaf :)

tobytall: selamat selamat! anda sudah memasuki zona akademis tertentu. siap2 naik ke tingkat inside-out in classroom while teaching, in the conference, and finally when giving keynote lecture ;p

neng anggie: thanks for the compliment..... hahahaha.

qq said...

missing your writing mbak, thanks for the story, always made my day

nna said...

hihi... makin eksotis deh si hejo kalo dipake dengan gaya kebalik itu...

Merlyna Lim said...

qq: glad my story still can make your day :)

nna: hahaha... si hejo ngagedod nya..

pelangiku said...

Salam kenal. Baru pertama kali mampir nih. Tapi seru baca cerita-ceritanya. Thanks sudah berbagi.

Merlyna Lim said...

pelangiku: silakan dan terimakasih juga sudah mampir.