Sunday, April 06, 2008

Imajinasi konspirasi halusinasi abstraksi

Saya bukan basa-basi, hidup saya hari-hari ini penuh dengan si asi walaupun tak sering makan nasi. Tapi saya tidak bermaksud mengeluh. Karena semua berjalan dengan baik-baik saja. Walau terasa ada konspirasi, dan dituduh terlalu banyak berimajinasi, dan bahkan berhalusinasi, tapi ya hidup saya tetap indah, malah makin indah, makin abstrak saja warna-nya. Walaupun kadang gelap ah, tak jelas berwarna atau tidak.

Minggu-minggu ini adalah minggu-minggu cukup ajaib. Saya sering dituduh lupa, padahal saya juga kadang2 sudah mengaku lupa, tapi masih dituduh juga. Waduh, tidak adil! Lalu saya tabrakan sepeda yang bikin tangan kiri saya susah bergerak berhari2 jadi harus ngetik satu tangan (jangan kuatir, sekarang sudah dua tangan). Lalu sudah dua kali dalam minggu ini saya tahu2 mendapatkan diri menyetir pulang tapi bukan ke rumah saya. Saya juga semakin sukar mengidentifikasi sepeda saya di tempat parkir. Mungkin saya harus mencat-nya jadi pink atau kuning gonjreng. Tapi tenang saja, saya selalu bisa menemukan kembali jalan pulang dan setelah beberapa menit biasanya sepeda saya masih ketemu. Pembaca mau bilang saya pikun? Enak aja!!! Saya belum pikun! Buktinya saya masih ingat semua hal2 lain dengan detail. Saya bahkan bisa menggambar ulang bangunan2 dan jalan2 yang baru saya lewati sekali atau dua kali, angka2 yang baru saya dengar/lihat, dll.

Sementara itu saya makin butuh tidur. Dari sekitar 50 jam per minggu, sekarang naik jadi 60 jam. Tapi kopi saya sekarang cuma 1 kali sehari. 1 mug besar banget sih, tapi cuma 1, swear! Tapi harus dicampur K & IL (jangan tanya ya singkatan apa, haram hukumnya).

Dalam beberapa minggu ini, saya juga hampir menghabiskan 6x10 Curb Your Enthusiasm seri, dari Larry David (sutradara-nya Seinfeld) yang betul2 kocak, sinis, dengan humor yang gelap. Selain itu saya juga menonton sekitar 20 filem dalam dua minggu terakhir. Saya berlangganan Netflix, dan sering menyambar DVD 1 dollar-an dari kios RedBox yang nangkring di depan Circle K.

Hanya dalam waktu beberapa minggu, saya memasukkan 3 grant proposal.Untuk proyek yang sama, tapi semua proposal itu teksnya berbeda dan masing2 sekitar 20-30 halaman. Ini proyek baru tentang alternatif imajinasi. Padahal dulu-dulu saya tidak bisa dan tidak suka menulis proposal. Sekarang pun rasanya sih masih belum suka sama si proposal. Jadi, siapa sih itu yang menulis? Jangan2 bukan saya.

Saya juga sering ngantuk di kantor, ketika tidak mengajar, terutama di meeting-meeting pagi. Karena biasanya saya begadang untuk mengerjakan hal-hal yang tidak perlu tapi saya inginkan dan untuk alasan-alasan yang sepertinya tidak penting tapi saya anggap penting, seperti misalnya saya begadang karena ingin menulis blog ini, atau karena kecanduan dan tahu2 ingin rekaman lagu ini, atau karena pingin masak Goat Karahi (jadilah masakan India pertama saya terbentuk subuh-subuh!), atau cuma karena bulak-balik ke membaca hal-hal yang tak penting. Saya juga baru beli gitar bertali nilon yang jadi sering saya mainkan tiap malam. Belum lagi saya harus menyempatkan mengelus2 benda2 musik lain temannya si gitar. Ah, pokoknya banyak alasan untuk begadang di malam hari dan tidur di siang hari.

Sepertinya hubungan antara proyek riset alternatif imajinasi saya dan kehidupan penuh kegiatan abstrak dan imajinatif saya terlalu mesra, berdampitan tanpa celah.

Mungkin saya harus berhenti mengerjakan hal2 yang tak penting tapi saya anggap penting ini. supaya saya tidak menuduh orang lain berkonspirasi dan orang lain tidak menuduh saya berhalusinasi :D

Seorang teman bilang kehidupan seperti ini adalah sumber schizophrenia.
Tapi, siapa peduli? Biarin aja ya? Bolehkan saya teruskan saja kehidupan seperti ini?

6 comments:

y'ayie said...

Yang penting nanti musti terbang ke UK yang tetap mendarat di UK kan mbak, bukan mendarat di Jogja, hehehe ...

debbie said...

what a life..... confusing yet fascinating :D
begitulah kehidupan warna warna sodaranya prof lang ling lung..hihihi....

ND said...

Mer, masih mending hidupmu masih penuh variasi, ato jangan2 karena dirimu terlalu produktif??? Gak mau diem...

Anonymous said...

Halo Mbak Mer, saya sering baca tulisan Mbak, tapi baru koment sekarang :) Mbak, saya kirim email ke alamat yang asu dot edu & bdg dot net tentang simposium di hamburg. apa emailnya keterima?

salam hangat
ibek
ib3k_sky[at]yahoo.com

Nihayatul Wafiroh (Ninik) said...

Hemmm, memang kayaknya harus ada mulai membuat list hal-hal apa saja yg sering lupa, dan hal-hal apa yang selalu ingat. Dengan begitu mungkin bisa dicari solusinya hehehhe.

Kapan ke Hawaii lagi??

r said...

astagaa... lu pernah capek gak sih neng?
gw kagum campur khawatir... istirahat jeng... paksain buat diem sebentaaaaar aje... yaa... yaa...