Saturday, February 02, 2008

Kisah si tempe

Beberapa waktu lalu, saya menulis tentang tempe di blog saya yang satu ini. Seperempat main-main, sisanya serius :) Lalu ternyata ada teman komentar bahwa the Jakarta Post bakal suka dengan artikel itu. Wah, saya yang, seperti biasa, ngga pede kalau soal menulis untuk media (selalu berpendapat bahwa saya ini lebih cocok menulis akademis) menjadi agak pede. Kemudian kurang dari 24 jam, saya turuti saran dia untuk mengirim ke JP. Saya revisi sedikit, cuma menghabiskan waktu 10 menit untuk mengutak-atik artikel yang tadinyapun saya tulis secara spontan kurang dari 20 menit. Lalu saya tinggal tidur.

Eh, ternyata besok paginya saya dapat email dari JP bahwa mereka akan terbitkan artikel tersebut dan meminta biografi singkat saya. Mengagetkan betul.

Hari ini tulisan tersebut benar2 diterbitkan.

Tulisan aslinya ada di sini. Yang terbit di the Jakarta Post ada di sini.

Memang beda...... menulis artikel di jurnal butuh waktu lama... berhari-hari menulis atau berminggu2.... berdasarkan riset bertahun2.... dan butuh 1 tahunan untuk diterbitkan. Menulis di koran..... wah.... cepat betul! Hmmmm......

11 comments:

Ophi Nurwicaksono said...

Makan makaaannnnnnnnnnnnn

*nice writing!

y'ayie said...

Congratz mbak, as always mbak Mer memang selalu mengagumkan dan menggiurkan (lhoh??? hehehe); Sama kaya tempe-tempe, tahu-tahu, dan ikan asin yang untuk menjamu tamuku itu. Nulis lagi donggg ...

ime' said...

teh, berhubung tempe lagi mahal, boleh nggak cut gambar tempe di page ini, terus paste di perut? *apa ngaruhnya?*

kekekekkek... selamad... selamad :D

santi d said...

Waaah asik bener ini artikalnya masuk koran ... selamat yaaa ... *hebat bener ih nulis hal bermutu dalam waktu singkat*. Traktir makan tempe goreng dong, teh ...hehehe.

santi d said...

Teh, I told my hubby that my genius friend, who is a professor living in Tempe, has just published an article about Tempe. He thought I was kidding :D.

m lim said...

ophi: hayuk.. makan2 tempe yuk? ;)

y'ayie: masa aku disamakan sama ikan asin? hahaha

ime: boleh2 aja kalau bisa...

santi d: haha, you make me laugh... btw, hayu, aku traktir makan tempe goreng sampe puas!!! sini dong... ke Tempe for tempe!

Arman said...

salam kenal ya mbak...
waduh saya ngebacain nih dari tadi. bener2 saya ter-amazed-amazed (bener kan ya bhs inggrisnya? :P) sama kehidupannya mbak mer. hebat banget dah!! two thumbs up for you! :)
bener2 inspiring... :)

r said...

bravo!
*find out the paper and make article 'kliping'*
ayooo... ayooo... tulis lagiii.....

ana said...

jujur..saya kangen tempeh :(...boleh tuh nulis2 yang lain dan dikirim2 lagi...apa tau tar jd punya kolom sendiri kayak carry bradshaw..cm temanya "tempeh" :p

Anonymous said...

Seurius pisan euy...meni beda pisan ma tulisan yang gue biasa baca dari ladi-h day-euh euy... Tempe...the most precious thing that most indonesian dude looking in Bangkok. Disini kalau lagi ada indonesian Bazar pasti yang ditanyain..ada tempenya ngga ???
Eh gue dah pindah bangkok dari november kemarin euy..baybay Petronas, Hello colourfull thai..

dadeu

Anonymous said...

Wah...selamat ya Mer, nice artikel.

Aku bisa bikin mendoan tempe lho, eunak tenan, mau aku bikinin gak.....

ND