Thursday, February 21, 2008

Kisah si kunci

Saya tahu dan sadar, dengan sesadar-sadarnya bahwa saya ada kecenderungan untuk meninggalkan kunci-kunci di mana-mana, dan berupaya menerapkan sistem dan mekanisme yang bisa mengurangi terjadinya "locked out" alias terkunci di luar baik dari rumah, kantor, maupun mobil. Kalau di kantor, itu mudah. Sekretaris di kantor sudah mengerti. Kalau saya mendekat dengan muka malu-malu, dia langsung bilang, "I know Merlyna, keys right?" :)

Di rumah, dulu sebelum saya punya kunci yang bisa ngejebret sendiri, saya pernah ninggalin kunci di lubangnya beberapa kali. Untunglah, ngga pernah kemasukan maling. Kemudian saya ganti kunci yang bisa ngejebret. Alhasil ngga pernah ketinggalan kunci di lubang, tapi minggu pertama ganti kunci, saya terkunci di luar 3 kali! Sama kisahnya dengan mobil. Terkunci di luar juga. Sampai harus panggil tukang kunci.

Jadi akhirnya saya bikin kunci serep, 4 set untuk rumah dan ada 2 kunci serep u/ mobil. Kunci serep rumah 1 ada di landlord, 1 di dalam mobil, 1 di tempat rahasia dekat2 rumah, dan 1 di kantor. Kunci serep mobil ada di rumah dan di kantor. Dengan begini, masalah ketinggalan kunci di dalam rumah sekarang dengan mudah selalu terpecahkan.

Nah, kemarin ini saya ketinggalan kunci mobil di dalam mobil dan agak jauh dari rumah dan dari kantor. Kunci kantor ketinggalan di rumah. Kunci rumah ketinggalan di dalam mobil. Untunglah masih ada 1 kunci rumah di 'tempat rahasia'. Tapi tetap, saya harus pulang ke rumah, ambil kunci rahasia, lalu ambil kunci mobil di rumah, dan balik lagi ke tempat mobil, baru bisa buka. Ouch....

Berarti sistem saya masih kurang sempurna. Harus ada kunci serep mobil yang letaknya dekat dekat mobil atau dekat saya. Salah satu kolega menyarankan untuk bikin kunci serep yang dipasang di luar mobil tapi masih di badan mobil. Di bawah mesin misalnya, pakai magnet.

Salah satu kawan saya punya ide lain. Dia bilang: "About your key, since you do not seem to forget your purse or bag in the car, why not keep a spare key in a pocket in one of those? Then when the key is locked inside, you'll have another right there!"

Ya, bagus, tapi saya juga sering ketinggalan dompet!

Kemudian dia meneruskan idenya, "Or get multiple key copies and, e.g., where one as an earing, another as an ankle bracelet...you get the idea!!!"

Oh, mungkin dia benar!!!!

16 comments:

Devi said...

hahaha.. byk bener spare key-nya! saya dukung yg pake ankle bracelet, biar keren hehe.. asal ga gede2 kayak alcoholic transmitter yg dulu sering dipake ama lindsay lohan :P

--Nna said...

hehehe..
ternyata pelupa juga... tos dulu ah.. :D

ime' said...

bagus tuh teh idenya. siapa tau teteh jadi trend-setter baru, terus jadi model. ketangkep basah bisa nyanyi, diajak rekaman, terus disangka KD beneran.

yah gitu deeeehhhh...

Anonymous said...

bagaimana dan dimana kunci hatimu
apakah ada duplikatnya juga
atau ini soal 'short term memory lapse'
alias hilang ingatan sejenak

m lim said...

devi: haha... alcoholic transmitter.... hahaha...

--nna: bukan ah, saya ngga pelupa.... (keukeuh ngga ngaku)

ime: kalau jadi model sih udah dari dulu :p diajak rekaman juga udah :p disangka KD juga udah.... tapi jadi KD beneran ngga mau ah.. ;)

anonymous: bukan short term memory lapse.... aku tahu aku terlalu fokus pada hal2 lain, shg kurang perhatian sama hal2 kecil (tapi penting)

aida said...

Kumaha si eneng teh meni loba poho-na. Sejak kemalingan tuh (semua kunci-kunci serep digondol maling, niat deui nya memangna rek balik deui ?) malah saya jadi paranoid, yang namanya serep-serepan teh cuma satu aja, itupun "digigiwing" terus kemana kita pergi.

Credo said...

Waduh.. pusing baca: ambil kunci A di B untuk buka pintu A supaya bisa ambil kunci C, hahaha :D

Dijadiin kalung aja kuncinya K'Mer! Kan keren tuh, Lord of the Key! eh, Lady of the Key :D

santi d said...

Huaduh ini pelupanya kelas berraaatzzz. Beli gelang aja gitu yang bisa digantungin konci2. Supaya ngga ketingalan, gelangnya disolder mati di pergelangan tangan. Tiap konci digantunginnya pake kabel yang kalau ditarik bisa memanjang gitu. Ini saya ngasih solusi sambil ngeledek loh hahaha.

sahathutajulubo said...

Mungkin penyakit pelupa ini karena KESEPIAN kali. Coba deh... Huehuehehueheheuehueue.

kab**r ah...

Hehehehehehehehehe

y'ayie said...

Makanya kalo punya bibi, si bibi juga dikasih kunci dong. Hehe ... Trus kalo dah dikasih kunci, dikasih mobil dan ajarin nyetir, hehehe ...

mellyana said...

kembaran :)

makanya aku:
1) jadi jago buka kunci mobil tanpa kunci mobil tapi pake penggaring atau sarupaning-nyalah. sayangnya ilmu cuman laku buat mobil sendiri yang emang jadul dan kagak pake alarm2an

2) jarang mengunci apapun: kamar, lemari, atau sejenisnya. berharap kawan serumah baik hati, jujur dan tidak sombong *senyumlebar*

3) tidak pernah diperkenankan membawa kunci rumah lagi sama orang serumah. resikonya, mereka harus rela bangun pagi-pagi buta bukain pintu. kalau tinggal sendiri, itu repot ya. mungkin lebih baik mulai baik-baik sama tetangga biar bisa numpang tidur kalo pulang malem lupa ama kunci. hihihi

m lim said...

aida: teh dodol... muhun yeuh, kumaha atuh, nasib. sok ah, bade diajar ngagigiwing kamamana :)

credo: haha.. ini jadi teka-teki: berapakah jumlah kunciku?

santi d: wah, lama2 santi nih berani... hahaha.. idenya tapi bagus, walaupun kagak original, soalnya anak2 punk di bdg udah pake gaya kayak gitu... hihi.

sahat: elu berani nya di blog. pas gue audisi, elu takut setengah mati sama gue lu!!! and btw, being alone (kayak gue) and being lonely (kayak elu) beda bo!

y'ayie: iya deh, sini gue kasih kunci, asal ngepel nyapu tiap minggu!

Andre said...

So far.. tidak pernah ada masalah dg "kunci" .. spt Prof. Mer... its a small matter for me:)) sampai dua hari ketemu "masalah kunci" yg sulit diantisipasi.. rumah kunci dari kunci stang mobil rusak alias tdk bisa dibuka, kunci macet!!

Berita baiknya: memang kunci pengaman itu ternyata sulit didobrak. Berita buruknya: perlu 45 menit utk menggergaji dg gergaji besi yg perlu dibeli dulu :((

m lim said...

mellyana: haha, kembaran :) btw, coba bayangin kalau kita jadi housemate?

andre: so, you're not forgetful.... tapi lagi sial ya? ugh.... ini U-lock ya? gue di sini masih pake U-lock juga lho.. :D

santi d said...

Wah itu punk2 bandung ngebajak ide saya lol

m lim said...

santi d: percaya deh percaya... :p