Tuesday, October 30, 2007

Kebalik

English version is here

Hari ini aku memberi kuliah umum di Universitas Hawaii. Lega rasanya sudah beres. Besok aku cuma akan menghadiri sebuah rapat dan semua urusan di Hawaii bakal beres.

Teman-teman di Globalization Research Center (GRC) sangat hebat. Mereka mempersiapkan poster, ruangan, makanan ringan, berkoordinasi dengan departemen Ilmu Politik dan departemen Perencanaan Urban, serta mengumumkan ke beberapa departemen dengan sigap walaupun semua ini cukup last-minute. Saya terharu dibuatnya.

Tak masalah tentang kuliah/presentasiku. Walaupun ini adalah kegiatan agak mendadak dan baru diumumkan sekitar 2 hari sebelumnya, ternyata lumayan juga yang datang. Presentasi berjalan lancar dan acara tanya-jawab berlangsung dengan lancar pula.

Saat kupikir kali ini semuanya lancar-lancar saja dan tak ada kejadian aneh. Cukuplah satu kejadian ajaib tentang bandara dan kepalaku dalam perjalanan ke Honolulu. Eh, tahu-tahu aku sadar ternyata ada hal yang salah dan memalukan..... tentang.... diriku!!

Sesudah kuliah, aku berbincang-bincang dengan beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Universitas Hawaii. Saat beberapa mulai meninggalkan ruang kuliah, satu mahasiswa mendekatiku dan bertanya, "Mbak, ini disengaja ya?" sambil menunjuk pada restleting baju atasanku yang ternyata ada di luar. "Oh my goodness!" teriakku. Ternyata aku memakai baju terbalik. Selain restleting, obrasan, serta merek baju juga ada di luar semua!

Jadi selama 2 jam...............ooooh!!!

Masih untung, selama aku berpresentasi aku tak sadar, jadi pede-pede saja :))))

Tentang hal ini, direktur GRC, yang mengundangku berbicara di universitas, berkomentar, "I think Merlyna seriously needs some assistance!". Pada makan malam yang baru saja selesai, beliau berkata,"I wish to write a two paralleled columns novel about Merlyna's life. One column on the left is about her beautiful scholarly life and on the other column is all odd things happen in parallel to it such as missing sandals and her wearing inside-out clothes!!"

Tanggung malu, aku menyahut, "I think that's a greaaaaaaaaaat idea!!!!"

19 comments:

mellyana said...

kwakakakakakakaka.
tanggung jawab, mer, kagak bisa berhenti ketawa

btw, PGP nih (percaya gak percaya) berarti abis itu pasti dapet duit gedeeeee banget, secara kebalik baju selama dua jam di depan umum pula

kata orang tua loh ituuu

'ayie said...

Coba kalo si bibi dibawa, pasti kan ada yang ngurus soal gitu-gituan. Ampun deh, kirain aman-aman aja gak bikin keonaran, bikin keselek juga nih. Eh itu idenya direktur GRC boleh juga tuh mbak. Memang nih nomer satu untuk orang nomer satu (daging sapi rule, hehehe).

sahathutajulubo said...

Huahahahahahaha.... kalo yang ini gua sulit nih memvisualisasikan. Hahhahahahahahahaha...

Ih sumpah giling banget deh lu...

Tapi sapa tau aja jadi ide baru buat summer taon depan... semua baju jadi kebalik...

Huahahahahaha... hak.. haak.. haak.. hak.. (keseleg gua jadinya ketawa mulu)..

khak... khak...

hilman said...

haha.... setuju, great idea!! :)

rini said...

hahahaha... mer gua tau lu emang seneng berbuat hal-hal yang memalukan... tapi yang ini bener-bener deh, dari semua kejadian ini yang paling top.
btw, obrasan baju lu rapi nggak, kalo rapi masih bisa deh cari alasan ini trend terbaru, tapi kalo berantakan, ya siap2 aja lu akan jadi "professor of the month" di hawaii

m lim said...

mellyana: udah berenti blom ketawanya Mel? ya aku percaya aja deh kalo rejeki gitu sih :)

'ayie: makanya bi, jadi bibi tuh yg bertanggung jawab dong :p

sahat: elu ini ya, kerjanya cekikikan melulu di blog gue!! giling2... :p

hilman: great but how about my reputation? (emangnya belum hancur? :hihihi)

rini: masih rapi koq Rin... jadi gue masih belum ngetop2 amat.. hihihi.

Anonymous said...

yg diperlukan cuma cermin atau kaca spion, atau sering berkaca diri :-)
(soal baju kebalik itu normal kok, nggak usah malu :-), apa lagi para professor pikuun

kata2 direktur GRC itu benar... perlu kaitan erat antara mind & body -- barangkali memang hubungan syaraf antara mind & body sudah rapuh, jadi perlu eeh surgery, bisa juga hypnotis, mungkin juga meditasi sebelun kasih ceramah !
selamat menikmati daylight saving di Arizona !

santi d said...

Hihihi kok bisa sih .. jadi itu tag baju juga melambai2 gitu ya? hihi.

Anonymous said...

Cimer..cimer.. moga harganya dah dicopot, hihihi. Kayaknya orang2 pada 'terpesona' deh dengan trend baju kebalik elu.

Susy

ana said...

hati2 mer...tar dicak "nerd" abis ato 'weirdo' lho...gara2 tll canggih n pinternya kamu :D..hihii...

m lim said...

anonymous: duh, anon ini sok berfilosofis :p
btw, ngaca sering, buktinya dari 99 kali berpakaian, paling satu kali aja kebalik :) *defensive.. haha*

btw, ngga ada daylight saving time di az lho.

santi: hihi.. untung bukan baju baru jadi ngga ada tag harga :)

susy: hehe.. iya, mungkin sudah jadi trend di UHawaii sekarang ini ya.. :)

ana: aku ini kan sudah dianggap trendy & cool nerd... hahaha.. ya terima aja ;)

hilman said...

Prof, setuju karna dataku belum cukup utk formulasi equation ngacay, so novel paralel nya bisa buat data, haha...(canda), susah ternyata, blm terumuskan juga sampe skrg. :(

keep smile said...

Masak sih kebalik? kok aku juga enggak sadar tuh, padahal aku juga join di diskusi itu. Jadi kayaknya yang sableng bukan hanya Presenternya tapi juga pesertanya hehehe. Btw, nyante aja, enggak ada tuh yang ngomongin itu di Hale Manoa hehhe

brecs said...

ternyata lebih gila :D

m lim said...

hilman: hayo cari rumusnya sampai ngacay suracay ngaburahay!!

keep smile: itu krn salah satu temanmu tutup mulut :)

brecs: hey, koq nyasar ke sini?

hakam said...

wah saya di kantor disuruh dibentak diam karena tertawa ngakak keras setelah membaca cerita dari pada tulisan ini


ha...ha..100000000

(kalo baca yang edisi indonesia kok lucu) payah bahasa inggris saya..
duh gusti...

m lim said...

hakam: makanya jangan tertawa sendiri, apalagi ngakak keras sendirian. bisa berbahaya bagi kesehatan jiwa... :p

hakam said...

oh ya Prof (he..he...) saya telah menyimpan semua file tulisan blog dari pada celoteh 'si Mer'. Saya baca tiap subuh sebelum berangkat ke gedung tua nan penuh hantu. dan rencana mau saya print....narasi-narasi nya ada yang sangat lucu, dan menyenangkan.

oh ya maaf melanggar copy right dari pada prof,

salam tabik

hakam tertawa 2007

dosen pake baju terbalik itu biasa namun sang dosen mengenakan baju terbalik terus dan tetap confident mengajar, sungguh sangat luar biasa...

m lim said...

Hakam temanku, wah saya bingung mau tersanjung atau gimana nih.. hihihi... ya sudah daripada dirimu ketakutan sama hantu, mendingan ketawa baca narasi saya ya...

diprint boleh, asal jangan dijual aja sama pihak tak berwenang!

salam,
m