Thursday, January 18, 2007

Hari pertama mengajar.......

Masih ingat posting saya terdahulu tentang si JUS 394, kelas yang saya ajar semester ini? Ya, kelas Information Technology & Social Justice -- beyond first world discourses. Hari ini adalah hari pertama saya mengajar kelas itu. Sejak beberapa hari lalu, saya semangat, bergairah sekaligus cemas dan gugup. Maklum, ini kelas pertama saya, I mean this is really my own class and no such class before at ASU! Silabus saya yang sebetulnya sudah selesai 2 bulan lalu saya modifikasi terus-menerus sampai kemarin malam! Alhasil saya baru men-copy silabus pagi ini...

Dari segi fashion, saya cukup siap, hehe. Saya siapkan baju2 yang akan saya pakai kemarin malam. Baju rapih, tapi tidak begitu formal. Rok -- sekitar 10 cm di bawah lutut, baju atasan tangan panjang, dan sepatu boot cewe. Warna tema hari ini: coklat! Oh ya, saya tidak pakai kacamata, jadi ya mungkin masih terlihat funky dan "ngga tua" :D

Kurang tidur, karena kemarin malam saya pergi keluar dan baru tertidur pukul 1 subuh, dan tidak sempat minum kopi, membuat saya agak ngantuk. Jadi saya sempat membuka kelas dengan berkata begini,"Good morning, everybody. Ooh, 9 am class, too early isn't it? I am not an early person and I didn't get my coffee this morning, so if I fall asleep in my own class, please wake me up!".

Ada sekitar 35 mahasiswa/i di kelas saya. Lebih dari 25 laki-laki. Sedikit sekali perempuan di kelas saya. Entah mengapa, padahal lebih banyak mahasiswa perempuan di program Justice. Mungkin karena mengandung unsur "teknologi" .... jadi lebih banyak cowo yang tertarik. Peserta kelas sebagian besar berasal dari Justice studies, namun ada beberapa dari program lain. Yang mengejutkan ada satu mahasiswa dari Microbiology! That's interesting!

Hari ini kelasnya betul2 santai. Hanya perkenalan dan pengantar tentang kelas. Saya hanya menggunakan 45 menit dari 1 jam 15 menit yang disediakan. 10-15 menit terakhir dari 45 menit saya pergunakan untuk berkenalan. Mahasiswa2 dipersilakan menyebutkan nama lengkap, program/major, dan 3 kata yang menggambarkan diri mereka, misalnya: Merlyna Lim. Justice Studies. Professor, obnoxious, arrogant.... hehe.. atau, professor, coffee-lover, pink! (this is just an example, coz I'm not crazy about pink). Ada mahasiswa2 yang unusual dalam menyebutkan 3 kata ini, misalnya: tired, hungry, study-hard or study, food, sport.

Yeah, hari pertama berlangsung aman. We had some fun, I thought. Tapi kelas yang sebenarnya masih baru akan dimulai Kamis lusa.

p.s. Silabus kelas saya, sesuai permintaan, akan saya online-kan akhir minggu ini.

8 comments:

yanti said...

wah menarik tuh idenya untuk minta 3 kata dalam perkenalan diri... good idea!!!ht

Anonymous said...

anonymous
no-name, narcisist, nervous

merlyna lim said...

yanti: 3 kata-nya yanti apa nih? :)

anonymous: haha, hilarious. your three words are so.... you! ;)

ND said...

Boleh dong ikut kelasnya...karena banyak cowoknya..hi..hi..normal khan karena disini kelasnya kebanyakan cewek kecuali kelas Bahasa Melayu yang ketemunya ya..sama orang2 Indonesia.

Anonymous said...

nemo

naive, nosy & noisy

Hesti said...

lama gak mampir, banyak yg baru di sini. layoutnya berubah lagi ternyata...

kalo saya mah penasaran pengen liat penampilan outfit mbak mer di hari pertama ngajar :)
pake rok, pake spatu boot, keren...
ada potonya gak ya...

Dhonatneth said...

nahh aku juga penasaran pengen liat fashion-nya mer wkt ngajar... fotona dong... :D
kalo muridnya cakep2, rasanya ngak perlu kopi... udah segerrr...kalo ngak... wah mending pagi2 minum kopi dulu deh... :p

ime' said...

mmmm... Henriette Imelda, climate change mitigation, a dream achiever (hahahahhahaha)

selamat ya teeeehhh :P

boleh juga nih dikuliah'in ama teteh ;)