Sunday, October 08, 2006

Daku dah kembali...

Wah, daku sudah lebih dari sebulan ngga nge-blog nih. Maklum buk suribuk tea dan baru aja kembali dari perjalanan ke negara tetangga-nye Indonesia, alias Australia tea, selama dua minggu. Asli baru balik sore ini. Makanye masih jetlag bin teu pararuguh.

Perjalanan selama 15 hari plus 2 hari di jalan, walaupun acaranya sangat padat, amatlah sangat menyenangkan. Totalnya aku mengunjungi 7 kota di pantai Timur (Sydney, Wollongong, Brisbane, Gold Coast, Adelaide, Melbourne, dan Canberra). Yang kelewat cuma tinggal Perth, Darwin dan Hobart saja. Maklum mereka yg kelewatan itu adanya di pantai Barat atau jauh di Tasmania sana.

Pasti temen2 di Indonesia pada bertanya, "Koq ngga mampir di Indonesia sih?". Tadinya ya sempat mikir mau mampir. Tapi apa daya, waktu terbatas. Lagian Bandung/Jakarta itu kan jauh dari pantai Timur Australia. Kalau pakai pesawat yang langsung aja, dari Sydney perjalanan dengan pesawat akan memakai sekitar 8 jam. Ditambah segala tetek bengek naik taksi ke airport, check in, sama perjalanan ke Bandung terus ke Dayeuh, total2 bisa 12 jam-an tuh. Belum lagi kalo ngga sanggup beli tiket pesawat, terpaksa berenang. Kayaknya sih bagi perenang yang super-duper amatir seperti aku, akan makan waktu 789 hari 13 jam 8 detik. Itupun kalau ngga semaput di lautan. Jadi ya begitulah, tak jadi mampir di Dayeuh.

Aku benar2 mensyukuri kesempatan untuk jalan2 di Australia ini. Sangat mengesankan! Walaupun sempat sering panik karena harus memberikan ceramah, kuliah, dan presentasi, di beberapa universitas, workshops, dan konferensi, termasuk satu semacam keynote yang bikin aku gugup dan sutres seharian, aku benar2 bisa menikmati perjalanan ini.

Apa saja yang berkesan? Kota2nya yang indah, dirancang dengan baik. Angkot-nya yang memadai dan rapih. Orang2nya yang ramah. Makanan2nya yang enak. Fish-n-chips nya sedap. Vegemite nya yang bikin eneg sureneg bin yucky. Hot chocolate, cappucino, piccolo, dan berbagai macam hot beverage yang super-duper enaknya. Affogato nya yang orgasmik. Koala yang lucu. Kangguru yang ramah. Wah, pokoknya banyak banget deh.

Sedih juga meninggalkan Australia.... tapi senang bisa berada di Tempe lagi. Tempe adalah rumahku, paling tidak untuk paruh kehidupanku yang sekarang ini.

16 comments:

Rani said...

yaaaa mampir singapore pasti kan??? tapi ga kontak2.. teganyah...
vegemite enak lagi ;>
terus gimana rencana gotong royong kita desember ini?

Anonymous said...

Posting kali ini sulit dicari arti kata-katanya karena tak ada dalam kamus, dictionary, thesaurus. Jadi tour makan enak tidur nyenyak ini bisa saingan sama jalansutranya Bondan. Affogatonya sampai syuurga ke tujuh?

yanti said...

orgasmik ala affogato, di resto ya? kok jadi inget When Harry Met Sally :D

Anonymous said...

jgn lupa cerita2 pas di oz yah...kejadian2 lucu pas workshop maybe? hehehe...mo liat poto2 juga donk mer..wah jadi pgn ke oz lagi :D

yesnomaybe said...

Thanks udah mampir, euh lain ti baheula yaaa, kalo kita suka liat-liatan blog, pas Mer ke Bne mungkin saya ajak mampir beneran ke rumah n bisa makan combro n cireng (haar naha di Aus aya nu kitu?, yg penting mah bisa silaturahmi, sok atuh kapan lagi ke Bne?

merlyna lim said...

rani: wah, vegemite mirip terasi rasanya :) btw, aku ngga mampir ke sin, langsung koq SF-Syd. desember kayaknya aku malah mo balik ke Indonesia nih.... ngga bisa nemenin Noe ke Cuba.

anonymous: masa sih susah? cari aja di google, semua kata2 itu ada artinya. ini bukan tour makan enak tidur nyenyak. yg ada tour kurang tidur kadang2 minum enak (bukan makan).

yanti: di cafe2 di Oz banyak. inget when H met S? kenapa?

devi: iya, ntar foto2nya diupload u/ kalangan terbatas :)

yesnomaybe: muhun.. lebar pisan nya.. ya atos atuh, next time mah urang kontak2.

Anonymous said...

demam affogato biasanya terjadi sekitar bulan purnama, enggan makan banyak, ingin minum enak, tidurpun tak nyenyak

dy said...

Hi Mer, welkambek :) Ditunggu petualangan selanjutnya, abis cerita2nya kayak Indiana Jones jaman cyber hehehe....

Dhonatneth said...

Waaaaaa... abis jalan-jalan ternyata... oleh-olehnya apa? met balik ke tempe... tempe memang lebih enak ... :D

ime' said...

huhuhuhu... fotonya dong teh, liad :P

Patricia Astrid said...

asik banget dari australia Mer .. gua ke sana sekali2nya sepuluh tahun lalu, ke sydney .. keliatannya asik sih, tapi gua nggak tahan logatnya ... ,asa getek hehe ..

welcome back lady dayeuh !

merlyna lim said...

dy: thanks.. haha, indiana jones... emang waktu kecil cita2 pingin kaya dia sih :)

Dhonatneth: oleh2nya kripik pedes oncom jaya imported dari bandung, waaah, enak banget :D tapi tempe emang enak, gurih dan garing :)

ime: ntar deh.... di kalangan terbatas tea.

patsy: 10 tahun lalu kayak gimana? apa sydney opera housenya warnanya pink? hehe.

Rihard-Susy-Daniel said...

Iya nih, poto potonya ditunggu ya. Thanks buat postcardnya, seneng deh, dikau masih ingat kalau aku koleksi. Ditunggu kiriman lagi dari negeri yang laen, hehe. Selamat kembali ke Tempe :)

ND said...

Wah..seneng ya..habis jalan2. Kapan bikin schedule kesini lagi. Mampir ke UKM ya...kita makan nasi lemak dan teh tarik..hmmm...sttt..lagi puasa.

merlyna lim said...

rsd: ingat dooong... kapan mo mampir?

nd: eh, tahun depan masih di situ? aku mampir deh :)

Hesti said...

eitss, blognya wajah baru nih Mbak :)
ohh yang baru balik dari Aussie, poto2nya ditunggu ya Mbak..

salam dari Surabaya!