Friday, August 18, 2006

Hari pertama jadi profesor

Enam belas Agustus tahun dua ribu enam.... itulah hari kemerdekaan kita... Eh, salah, bukan ya? Itu hari bersejarah buat saya. Hari pertama jadi profesor. Saya juga dapat alamat email ASU (bukan asu yg menggonggong lho - Arizona State University), kunci kantor sekaligus kunci apartemen. Saya bisa saja mendapatkan hal2 tsb sebelumnya, atau nanti, tapi kebetulan semuanya didapatkan pada hari yang sama.

Jadi profesor muda membuat saya semangat 45! Tapi juga agak lucu, kagok, dan aneh. Terutama karena saya tidak biasa dipanggil Profesor (bahkan dipanggil Dr aja aneh). Dan juga krn kebanyakan orang menyangka saya adalah mahasiswa. Jadi biasanya mereka memberikan pandangan aneh alias tak percaya kalau saya ini profesor ketimbang mahasiswa. Orang-orang Indonesia lain di sini pun tadinya pikir saya datang untuk bersekolah ketimbang mengajar. Kemana-mana saya pergi, ketika saya sebut bahwa perusahaan/institusi/universitas saya adalah ASU, maka orang langsung "menuduh" (berasumsi) bahwa saya adalah mahasiswa yang baru masuk! Walaaaah!!

Untuk menangani masalah tampang-kemudaan-untuk-jadi-profesor, saya memutuskan untuk memakai kacamata. Supaya kelihatan lebih pintar dan lebih tua, sekaligus "katanya" lebih intelektual. Sialnya, hari ini kacamata saya salah satu lensa-nya jatuh dan pecah (model setengah-tanpa-bingkai), jadinya program saya gagal (ini satu2nya kacamata saya yang masih belum hilang -- maklum selalu lupa ketinggalan di mana-mana).

Ya sudah... jadinya ngga jadi pake kacamata deh. Soalnya kalau kacamata sebelah bolong ini dipake, malah jadi bajak laut!

Hari pertama jadi profesor sangat menyenangkan sih. Tak ada hal yang patut dikeluhkan.

Katamata boleh pecah, tapi hati dan semangat ngga pecah dong. Kalau otak dan kepala sih memang sudah dari sana nya benjut bin bonyok sana-sini.. :D Maklum punya gelar phd (permanent-head-damage). Ngga bisa diperbaiki. Tapi justru itu kali ya yang bikin perjalanan hidup saya ini semakin ajaib dan menarik!

31 comments:

ND said...

Selamat ya Prof, he..he...cocoklah semangat 45 nya, sekarang khan masih bernuansa hari Kemerdekaan. Nanti aku dateng kesana dech biar bisa belajar dari Prof yang okem and jail ini.....

Rani said...

prof.. bimbinglah daku

Ad said...

Prof Mer, te o pe deh..
Selamat ya !

Mbilung said...

Selamat Prof. PhD = permanent-head-damage ... he he juga bisa berarti Pizza Hut Delivery ya?

blonty said...

weleh..weleh.... kok ngaku muda, emang usianya berapa sih, prop?

emang di sono gak lajim ada propesor muda seperti di indonesia?

mellyana said...

aduh udah mprop.

mprop..mprop...kapan atuh ke bandung lagi?

JaF said...

Selamat ya.. dan salam kenal. Saya dapat alamat blognya dari http://www.blogombal.org.

ardi said...

Salam kenal Mba Prof. Mer,
Wah boleh ikutan bangga ya.., boleh dong, ya... please...
Ini 'Kado' bagus banget buat Indonesia di usia ke-61, anaknya (atau cucunya?) jd professor di amrik :)

ardi

treespotter said...

congrats girl... best wishes and best luck..!!!!!!!!!!

Boe said...

tersasar kemari dari blognya paman tyo... wah, senangnya ada satu lagi profesor Indonesia di sini. Great time prof!

BundaZidan&Syifa said...

mer, congrats ya...
angkat topi (eh tapi aku gak pake topi) deh buat kamu...

bikin harum nama bangsa terus ya prof!

Jay said...

Tong hilap nya, tos propesor ge tong hilap ngadangdut.

Jangan kecewakan para supir taksi di bandara :)

Anonymous said...

haiya propessor ndak biasa pakai kacamata, udah aja beli kaca mata plastik, tiap hari ganti. kalau mahasiswi/an pada njiplak paper dijewer aja. Mahswa ASU pada kritis ndak tanyanya, apa diem aja kaya di Indonesia, pokoknya propessor senang pasti cepet lulus?

Shrivastava said...

mudah2an saya bisa segera menyusul ;-)

Dhonatneth said...

Congrat lagi nih Mer... jarang-jarang ada profesor muda dan cantik, jadinya disana pada heran, so ngak usah pake kacamata segala ... :D

merlyna lim said...

nd: okem & jail? haha.. what a combination! koq tahu? :P

rani: duh, jangan deh... kayaknya gue takut sama elu...:)

ad: makasih ya!

mbilung: thanks. hihi, bener juga..

blonty: ya usia bukan remaja, tapi relatif muda lah. di sini banyak koq profesor muda... cuma ini tampang saya aja yg "sok muda" hihi..

mellyana: mprop mau ke bandung, tapi hik...hik.. belum bisa.

jaf: salam kenal dan terimakasih.

ardi: salam kenal juga! ikutan senang boleh koq.. asal jangan ikutan gila aja :) itu saya ngga tanggung jawab.

treespoter: thanks a lot!

boe: thanks. saya tunggu anda untuk bergabung di prof club :)

bunda: makasih ya.... kalo gitu nanti saya beliin topi dulu deh biar bisa diangkat2 seenaknya :)

jay: nuhun. muhun, dangdut mah moal hilap saumur-umur!

anonymous: usul bagus... tapi musti berburu kaca mata plastik di mangga dua dulu nih kayaknya.. oh ya, mahasiswa sini rajin bertanya. apa2 segala ditanya.

shrivastava: monggo...silakeun menyusul. ditunggu ya.

dhonatneth: makasih... jadi tersipu2 manyun saya :)

Rihard-Susy-Daniel said...

Prop...selamat yah...semoga tetap mengharumkan nama bangsa. Seneng bisa punya temen yang udah prop.

Jangan lupa kita-kita kalo udah terkenal yah...

Sukses terus..MERDEKA!!

Salam,
RSD

Myr said...

nambah kacamata doang mah ngga ngaruh buat elu (terbayang2 dan terkenang2 dirimoe *kikikiik*)

buat kasus separah ini (penampakan eh penampilan mengundang prasangka ybs dibawah umur) tdk ada pilihan lain mer. saran gue:

coba kl ke kampus rambut disanggul ala rima melati, tuti indra malaon, la rose, etc (style '70)..mungkin org2 akan percaya (*)

*cattn: ini jg baru mungkin ;)

yakinkan org2 itu bhw ada azas praduga tak bersalah (read: innocent) dalam dirimu..

Anonymous said...

biar cool kalau ngajar pakai kacamata renang,
kalau mhsw tanya langsung buka kacamata lalu jawab : 'gitu aja kok repot....' kalau pertanyaannya sulit, jangan grogi ingatlah Nadine ... Indonesia is a beautiful City....

Devi said...

mao liat dunkz tampangnya prof mer kayak apa, poto terbaru donk..close up ya ! hehehe :)

juz someone said...

ohh propesor!!!!!

ime' said...

wah profesor teteh. huhuhuh... ini mana yang 'gelar' yah? :D

eniweh basweh, selamet yah profesor teteh. jangan nakal-nakal sama mahasiswa, apalagi dijahil'in :)):)):))

yanti said...

aih.. selamat ya Teh Prof :D...
soal tampang muda didongkrak kacamata,.. uh.. kebalikan euy, aku malah pengen kliatan muda, sayangnya berkacamata :P

Hesti said...

oh oh oh, ternyata Mbak Mer pindah ke ASU buat jadi Profesor toh..
Selamat ya Mbak, ikut senang dan bangga nih :)
Aku mau dong jadi mahasiswa Mbak, gimana caranya? :D

fiksi said...

wah wah.. jadi profesor di amerika!selamat teh mer!

dadeu said...

damn !!!
from dayeuhkolot to amrik,
Unbelieveable Prof !!!
mer..mer...jangan lupa ma peuyeum and sampeu...
Congrats ya,
Peuyeum
Hipu jeung
De nikmat deh.......

dadeu

Anonymous said...

salut..salut..selamat ya mbak mer..(abidah)

yuliazmi said...

Selamat ya Mbak, salam kenal. Saya tahu blog ini dari blog-nya Pak JaF

Orang Bandung coret? suami saya juga dulu tinggal di Bandung Coret, di Dago :)

merlyna lim said...

rsd: sama2.... pokoknya kita tetap membangun bruges.. hahaha.
Myrfa: hihihi.. kayaknya kalo pake sanggul disangka anak remaja menyalahgunakan asesoris nasional.. hehehe

Anonymous: beliin dong kaca mate renangnya

Devi: wah, jangan deh... soale kacamata keburu pecah :) nanti jadi weirdo deh..:p

juz someone: naon jang? aya naon? :p

ime': prof itu panggilan, teteh itu gelar sejati :)

yanti: tenang aje.. kacamata mah ngga mempertua kayaknya..

Hesti: boleh aja.. senang kalo bisa dapat murid mbak Hesti :)

fiksi: makasih, kapan mo maen ke sini? :)

dadeu: moal poho ka peuyeum sampe mah euy

abidah: thanks.. dimanakah dirimu?

yuliazmi: salam kenal dan terimakasih. wah Dago sih Bandung beneran tuh.. Bandung elit, kagak coret :)

Agus@ kayu jabon said...

mampir nich...
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam....

mer said...

mas Agus @kayujabon... terimakasih sudah singgah. senang mendengar anda menyukain blog ini :)