Thursday, June 15, 2006

ITB........ duh

Orang2 ITB itu banyak yang bangga sekali akan almamater-nya. Biasanya ITB suka disebut sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Mahasiswa-mahasiswa ITB tahun pertama waktu masuk disambut dengan spanduk besar bertuliskan, "Selamat datang putra-putri terbaik bangsa". Narsis amat ya? Nah, begitulah orang ITB, suka pede berlebihan.

Orang/mahasiswa ITB juga selalu berasumsi bahwa semua orang di Indonesia tahu bahwa ITB itu paling hebat. Sudah biasa sih, begitu ditanya di jalan atau di angkot atau di mall, "Adik kuliahnya dimana ya?" Kalau jawab, "ITB", biasanya si penanya langsung berkomentar, "Oh, hebat ya, pinter sekali, bisa diterima di ITB!". Makanya anak-anak ITB cenderung arogan.

Nah, cerita saya baru akan dimulai di sini. Ceritanya begini. Adik saya yang laki-laki tidak diterima di ITB. Terus tahun berikutnya dia UMPTN lagi dan akhirnya masuk IKIP alias UPI Bandung. Di tahun ke-4 dia wajib ikut KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dia kebagian KKN di desa kecil, kalo ngga salah dekat Garut atau dimana gitu. Di desa itu, dia dan kawan2 lain dari IKIP dan universitas-universitas lain dikagumi oleh penduduk desa.

Suatu hari, adik saya dan teman KKN-nya yg berasal dari ITB terlibat dalam sebuah percakapan dengan seorang ibu penduduk desa dalam bahasa Sunda.

Ibu (I): Cep, upami encep teh ti Bandung?
Adik ini asalnya dari Bandung?

Adikku (A): Muhun, Bu.
Betul, Bu.
I: Kuliahna di mana, Cep?
A: IKIP, Bu.
I: Oh, sae pisan IKIP mah, Cep.
Wah, IKIP sih bagus sekali.

Kemudian Ibu bertanya kepada teman yang dari ITB

I: Upami encep ieu ti mana? Sami-sami ti Bandung?
Kalau adik ini dari mana? Sama-sama dari Bandung?
Teman (T): Muhun, Bu.
Betul, Bu.
I: Ari encep kuliahna di mana? sami-sami di IKIP?
Adik kuliahnya di mana? Sama-sama di IKIP juga?
T: Sanes bu, abdi mah ti ITB
Bukan, saya sih dari ITB
I: Euleuh-euleuh... karunya teuing....teu katampi di IKIP, nya....
.....silakan yang ini terjemahkan sendiri.... (non Sundanese speakers, hayo tebak.. apa kata si Ibu?):P

Adikku mesem-mesem. Anak ITB #@$*&%$#@!???

p.s. saya anak ITB juga lho.

18 comments:

ime' said...

mmmm.... wah, aku nggak tau artinya sih teh... nebak aja yah? mmmm... bilang gini bukan, "aduuuhhh... nggak keterima di IKIP yah?" :P

gak tau sih, kalo' artinya bukan ini, berarti aku hanya mereka-reka :)):)):))

yanti said...

wakakakakakaka... HAYANG SEURI SUMPEEEE!!!!!

ga semua anak ITB narsis, tapi emang sebagian besar bangga banget sama almamaternya ;)

Atelier said...

Hehe...
Hebring pisan eta si ibu..
Hidup Persib lah pokona mah..

Sam said...

hi mer... tulisan yang menggelitik :) salam kenal ya

merlyna lim said...

ime: kira2 bener, Me. ngga sia-sia pernah tinggal di Bdg 4 tahun :)
yanti: hehe... sok atuh seuri ngabarakatak, teu nanaon da.
atelier: hidup persib!!
sam: salam kenal juga.

Myr said...

kenapa dulu anak2 edoen pd daftar itb ya? spy bs msk psm dong. kesimpulan: masuklah psm! naon..

juz someone said...

yah lumayan menghibur lah buat saya yang juga gagal masuk ITB (sampai 2 x coba). sayangnya saya tidak pernah ketemu si ibu eta...

DiN said...

Aduuhh.. karunya pisan anu teu ngalaman sakola di IKIP :P

merlyna lim said...

myr: hahaha.. elu bener banget.. kenapa ye? :))
juz someone: wah, musti ketemu sama si ibu eta... supaya hidupmu lebih berbunga :D
DiN: muhun, meuni karunya sayah... anak ITB tea...:))

Hesti said...

hahaha, seneng banget baca postingan yang ini.
maklum, saya bukan alumni ITB soalnya :D
sekalian ijin boleh gak blognya mbak saya link? matur nuwun sanget sebelumnya :)

ine sena said...

wakakakak... lutu... lutu...! kabayang wajah temen adikmu ituh.... kikikik...
kunjungan balik neh, say... :)
lah dikau itb nya angkatan berapa en jur apa?

mita said...

huahuahuaaa .... lucuuuu :D
gw anak itebe juga siiih - if96. salam kenal yaa. dulu gw kenal merlyn juga di itb, fa-95. itu elo bukan ya?

DK said...

hahaha..jadi teringat sama X gurlpren kuwh.. Aku bukan anak ITB tapi aku sering kesana,,,Salman,,duduk2 di gedung Farmasi,Bermain Air Ganesha..ah sungguh indah sekali..

Anak ITB memang selalu membusungkan dada ketika bilang
" Ya Saya Kuliah di ITB dan blah..blah..blah.."

Anonymous said...

saya juga ITB
Institut Terusan Buahbatu ...:p

merlyna lim said...

hesti: bukan itb? untung dong.. haha.. linknya udah kan ya

ine sena: thanks udah kunjungan balik. aku anak ar angk 2006.. haha

mita: hihi, kecian.. anak itb.. gue bukan fa, tapi ar

Penunggu Pagi: wah.... ternyata... itb..itb.. maafkan kami ya:p

Anonymous: kalau saya mah Icalan Teh Botol :p

wicak said...

amun aing mah institut tamansari bengkok...

wakakakaka...

gue juga itb mer. tapi nggeus kolod.

10385***

joesatch said...

Wekekeke...ternyata betul, tiap daerah punya versi yang beda2. Kalo di Jokja sih, menurut mereka, yg terbaik di Indonesia itu UGM! Ternyata kalo menurut orang Bandung itu ITB ya? :))

blontank poer said...

kalo di jogja, ITB itu dipelesetkan menjadi Iniversitas Tadjah Mada. sama saja dengan yang di bandung ada UPI, Unipersitas Padahal Ikip :p

salam kenal, prof.....