Tuesday, December 27, 2005

Kebanjiran di LA (3 - finished)

....sambungan dari Kebanjiran di LA (1) & (2).....

Si plumber ternyata bukan cuma a handy man, tapi juga a very very nice man. Ketika aku jelasin kalau aku mau terbang pagi itu dan terlalu ribet & costly untuk cancel atau ganti, dia langsung bilang, "Oh, ok, then don't bother to clean. You better take some rest and we can fix and clean while you're away". Ohhhh, that is awfully nice of him!

Dia langsung telepon Harold the MG dan menjelaskan situasiku. Harold kemudian langsung bilang bahwa dia akan mendatangkan tukang cleaning carpet dan dishwasher akan diperbaiki. Semua akan dibereskan oleh pihak pengelola gedung!

Woooow.... asik! Sepulangnya si plumber, aku langsung beres-beres. Barang-barang berharga dan fragile dipindah ke lantai atas. Aku juga meneruskan packing, jadi asli ampir ngga tidur pagi itu.. lha udah pagi dan jam 6:30 aku harus mulai jalan ke airport.

Tapi aku tertidur juga kira2 jam 4 pagi dan jam 5:44 aku dibangunkan oleh alarm-CD. Sebuah lagu dari Maluku membangunkanku.

Begitu bangun, aku langsung turun ngecek keadaan lantai bawah. Aku surprise, ternyata dapurku hampir kering. Wah.... kemana airnya? Pas aku menginjak karpet... wow... blesek! Ternyata semua air terserap ke karpet. Jadilah karpet di ruang makan dan ruang tamu babat kuah! Mekar dan berair! Yikes. Airnya sih bersih, cuma ya tetep jijay toh? Aku harus pake sepatu berhak tinggi untuk jalan di situ.

Pas aku tinggal, apartemenku dalam keadaan basah kuyup. Oh, kali ini aku dapat Wet Christmas in LA. Anyway, it's still very nice to have everything solved finally. Now I just have to catch my flight...... Bye-bye karpet kuah babat!

Kebanjiran di LA (2)

... lanjutan dari Kebanjiran di LA (1)....

Setelah nunggu, nunggu, dan menunggu. Aku rada pasrah. Udah ngga panik. Cuma melototi air yang meninggi... Udah nguras beribu-ribu liter (aku sempet ngitung, kurang lebih 1 session itu sekitar 70-100 kali ngeruk dan buang ke sink, dan aku melakukan kurang lebih 10-12 sessions selama 5 jam), ya udah.. udah males bergerak. Cuma sesekali aku buang juga air2 itu.

Aku memutuskan untuk melakukan telepon terakhir sama si Harold, management guy itu. Kalau engga aku bakal call 911. Lagi2 aku diterima sama mesin. Aku bilang sama si mesin "Harold, this is Merlyna again. The situation is getting worse. Water is flowing everywhere. And I don't know what to do. Really hopeless. I think soon the water level will reach refrigerator, all electronic stuff, and especially electricity plugs. So, if something isn't done very soon, I don't know what would happen to this apartment".

Ngga lama, Harold telepon dan bilang kalau teknisi akan datang dalam waktu 20 menit. Selama 20 menit itu, asli aku cuma mandangin air. Ngga nguras, cuma duduk di sofa nungguin itu teknisi.

20 menit kerasa kayak berjam-jam deh. 15 menit berlalu, si teknisi belum nongol. 16, 17, 18,.... belum juga. 19, 20 menit!.. oh, belum nongol juga. Udah deg-degan nunggu.... akhirnya sekitar 7 menit kemudian, sang pahlawan datang!

Kata pertama yang dia ucapkan pas masuk ke apartemenku: "My goodness!!!"
Si plumber kemudian langsung masuk dapur, ngecek kolong sink dan dishwasher. Terus dia langsung matiin airnya. Begitu air berhenti, aku langsung ploooooong deh!

Dia bilang kemungkinan besar konektor antara dishwasher sama pipa air rusak. Tapi dia ngga bisa benerin hari ini karena semua toko kan belum buka..... dan ini air, dia bilang, harus dibersihin karena udah merasuk ke karpet gitu...

Wah, aku lega tapi rada puyeng juga mikirin soal flight..... pikir...pikir...pikir...

(bersambung)

Monday, December 26, 2005

kebanjiran di LA (1)

Duh.. tahu2 ada bencana di apartemenku malam ini. Malam ini aku sibuk packing krn mau terbang besok pagi. Terus aku juga sibuk doing last minute cleaning. Karena cape, aku nyuci pake dishwasher. Terus aku pergi mengambil sepeda. Eh, tau2 pas pulang air udah mengenang di dapur.. udah sampe ke karpet, maju ke ruang makan. Aku langsung matiin dishwasher, ternyata air ngegelontor terus. Panik, aku mulai menguras air yang membanjiri dapur dan karpet. Terus aku cari2 valve yang bisa diputer untuk nyetop. Satu valve (air panas) bisa ditutup tapi yang air dingin terus ngegelontor. Terus aku langsung telepon emergency ke management (landlord) ternyata diterima mesin.

..break... nguras dulu...

Aduh, gimana nih. Aku telpon USC emergency, mrk bilang ngga bisa nolong krn bukan di USC apartments. Aku telepon plumbers 24 jam, semuanya bilang bakal nyoba dapet teknisi dalam 2-3 jam. Sembari nunggu aku ngegoggle, cari2 cara mengatasi ini.

....nguras lagi..tapi duh, ngga bisa besaing sama air nih.. deras banget...

Ternyata plumbers susah didapat karena ini hari Natal. Aku telepon si management guy (MG) lagi, dan mesin lagi. Maunya nekad nelepon 911, tapi kayaknya ngga appropriate.

Duh, putus asa, padahal aku kan musti terbang nih... dan susah dicancel. Dan kalo ini satu dicancel, bakal ngerembet sama urusan2 lain. Duh... tulung2 euy... Udah 3 jam nguras nih...

Oh, akhirnya si MG nelepon. Katanya dia mau kirim orang. Ok, asik.

...nunggu, sambil nguras...

Duh, udah 1 jam belum ada orang datang ! Aku nelpon si MG, ternyata mesin lagi, aku titip pesan lagi. Ngga lama dia nelepon, katanya dia lagi nyoba dapatin orang...

...nunggu.... kerja..kerja....

Nguras airnya pake tempat sampah, terus itu tong musti diangkat dan dibuang ke sink. Duh, cape banget, pinggang mau patah nih. Kerja rodi kayak gini kayak di ospek aja. Ngga di Dayeuh ngga di LA, sama2 banjir... tapi koq sempet2nya gue ngeblog...

Udah 30 minutes.. ya ampun.. kumaha atuh yeuh, tulung... tuluuuuung!!!
Udah dulu ah... ini air udah kemana-mana euy... udah ke ruang tamu... walawww......
Kumaha atuh nya.... cancel jangan nih pesawat?.....

Saturday, December 24, 2005

Season's greetings

Wish you all the happiest holidays!
See you next year!
Click the thumbnail below for my seasonal card and message.

Sunday, December 18, 2005

My gallery

Was working on the gallery of my website on Saturday thus now you can see some of my sketches in a relatively good layout.
I just want to let you know that I'll just post all of my art work there, including my pieces for Illustration Friday. So, guys, my sketches cannot be found here anymore.
Here again the URL of my gallery: http://www.merlyna.org/blog/gallery
Enjoy!

Thursday, December 15, 2005

Mistakes and fate

Do you believe in fate? Are we not really responsible for the course our lives take? That it's all pre-destined, written in the stars. Maybe that's why, in the city you can't even see the stars, your love life tends to feel more random. And even if every man, every kiss, every heartache is pre-ordered from some cosmic catalogue, can we still take a wrong step and wander off our own personal milky way? I can't help but wonder, can you make a mistake and miss your fate? Maybe our mistakes are what make our fate. Without them what would shape our lives?

(free transcription from Bradshaw, SitC, 2005)